11 Desember 2016

Jadilah Terang !

Jadilah Terang !

"….Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Yohanes 8:12).
Apabila kita membaca dalam Perjanjian Baru, telah ditegaskan bahwa "….Allah adalah terang…" (1 Yohanes 1:5). Dan Yesus juga berkata:  "….Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Yohanes 8:12). Dengan demikian, ketika kita percaya kepada Tuhan Yesus maka Ia melepaskan kita dari kegelapan ke dalam terangNya yang ajaib, seperti yang tertulis dalam Kolose 1:13 : "Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih". 
Saudara, bukankah hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa ? Kita telah berpindah dari kerajaan kegelapan dengan iblis sebagai bapa kita, kini kita telah masuk kedalam lingkungan Kerajaan Allah, kerajaan terang, dimana Allah menjadi Bapa kita. Karena itulah kita disebut anak-anak terang (Efesus 5:8).
Sebagai anak-anak terang, ada tanggung jawab yang harus kita kerjakan. Kita harus menjadi terang bagi dunia ini (Matius 5:14-16). Tapi ada beberapa hal yang membuat terang kita menjadi redup:
Pertama, bila kita tidak menghasilkan buah-buah pertobatan - tidak ada perbuatan baik yang dapat kita tunjukkan kepada dunia (Matius 5:16). Menjadi terang berarti menjadi berkat bagi orang lain. Terang ini akan membawa dampak positif bagi dunia. 
Kedua, bila rohani kita tertidur alias loyo. Dalam keadaan demikian, Tuhan memerintahkan kita untuk bangun dari tidur, supaya terang-Nya bercahaya (Efesus 5:14). Jangan anggap kelemahan rohani sebagai hal yang wajar, sebab akan mempengaruhi terang redup kita.
Ketiga, bila kita membenci saudara kita. Firman ini sangat jelas: "….barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan…." (1 Yohanes 2:11). Masalah akar kepahitan masih banyak menghinggapi orang Kristen. Pergumulkan hal ini, dan Roh Kudus pasti memberikan kemampuan kepada kita untuk dapat mengampuni orang-orang yang telah menyakiti kita. 
Terang adalah atribut orang benar, oleh sebab itu pertanggungjawabkan hidup kita sesuai dengan atribut itu ! Amin.
Sumber: http://www.bethanygraha.org

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification