15 September 2016

Merendahkan Diri

Merendahkan Diri

Mereka telah merendahkan diri, oleh sebab itu Aku tidak akan memusnahkan mereka” (2 Tawarikh 12:7)
Istilah "lupa diri" sudah sangat umum dalam kehidupan manusia. Seseorang yang dulunya hidup penuh kekurangan, setelah mengalami perubahan di dalam hidupnya, mulai menganggap bahwa dirinya lebih hebat dari orang lain, dengan kata lain orang tersebut mulai sombong dan angkuh. Memang, hal ini tidak terjadi disetiap kehidupan manusia, tetapi pada umumnya demikian. Ini juga terjadi pada kehidupan raja Yehuda yaitu Rehabeam. Ketika kerajaannya mulai sukses dan kokoh, ia mulai melupakan Tuhan. Dia bukan hanya tidak setia lagi kepada Tuhan, tetapi juga mulai mengandalkan kekuatannya sendiri. Dia terlena dengan kekayaan negerinya, kekuatan pasukan, dan kejayaan kerajaannya. Ketika ancaman datang dari Kerajaan Mesir, barulah dia sadar bahwa dia telah lupa diri. Lupa bahwa kesuksesan datangnya dari Tuhan, dan tanpa Tuhan dia tidak bisa berbuat apa-apa. Ia lalu merendahkan diri dihadapan Allah. Ia menyesali kesalahannya, mengakui, dan kembali setia melayani di rumah Tuhan.
Ketika melihat tindakan Rehabeam, Allah lalu mengurungkan niat-Nya untuk menghajar dan memusnahkan bangsa Israel. Semuanya ini karena Rehabeam merendahkan diri dihadapan Allah. Semua orang pernah membuat kesalahan, namun tidak pernah ada kata terlambat. Untuk itu, selama masih ada kesempatan untuk berubah jangalah ditunda-tunda lagi. Marilah kita belajar merendahkan diri di hadapan Tuhan. Berbaliklah kepada Tuhan, akuilah keangkuhan yang telah menutupi mata kita, sehingga kita tidak dapat lagi melihat keagungan Tuhan. Nikmati berkat pemulihan-Nya yang diberikan kepada semua orang yang merendahkan diri dan memohon kepada-Nya. 
Allah adalah satu-satunya tempat perlindungan yang teguh. Dia akan melindugi anak-anakNya jika mereka mau merendahkan diri dihadapan Allah. Di zaman yang serba sulit ini, Allah mencari mereka yang mau merendahkan diri dan kembali setia kepada-Nya. Apakah kita orangnya? Bergegaslah untuk membereskan hal-hal yang tidak beres antara kita dengan Allah! sebab firmanNya berkata : “Mereka telah merendahkan diri, oleh sebab itu Aku tidak akan memusnahkan mereka” (2 Tawarikh 12:7), amin.
Sumber: http://www.bethanygraha.org

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification