Halo kawan-kawan. Kali
ini saya ingin membuat suatu review mengenai website yang mungkin sudah kita
kenal namanya, yaitu vivanews. Belum lama ini, vivanews melakukan perubahan
webpage dari vivanews.com menjadi viva.co.id.
Pada kesempatan kali ini
saya sebagai seorang mahasiswa informatika ingin melakukan review secara
objektif dan menyeluruh mengenai website viva.co.id ini dari segi Interaksi
Manusia Komputer (Mumpung saya baru selesai mengambil mata kuliah itu, jadi
masih fresh, he3).
Adapun saya akan mereview
dari segi-segi yang umum dalam IMK, yaitu:
1. Tingkat efisiensi dan
efektivitas
2. Kemudahan bagi user
untuk mencari informasi
3. Dapat memenuhi
kebutuhan pribadi user
Baiklah, langsung saja
kita mulai reviewnya.
1. Tingkat efisiensi dan efektivitas
Pada bagian ini saya akan
melakukan test mengenai tingkat efisien dan efektif dari website viva.co.id, di
mana perihal ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam suatu website.
Sebenarnya apa saja yang akan kita lihat? Yang terpenting adalah lama waktu
yang dibutuhkan untuk membuka website viva.co.id ini.
Pengetesan ini saya
lakukan dengan menggunakan website loadimpact.com, sebuah website yang memang
sudah terkenal digunakan dalam pengetasan load time suatu website.
Dapat dilihat dari gambar
di atas, bahwa berdasarkan test, web viva.co.id paling cepat dibuka dalam 3,57
detik dan paling lama dalam 7,18 detik. Test di atas menggunakan client dengan
kecepatan broadband (>1mB/s).
*Saya juga melakukan tes
menggunakan webservice lain, yang menghasilkan load time 10-20 detik
(Disebabkan perbedaan kecepatan). Namun saya memilih memakai hasil dari
loadimpact.com.
Sebenarnya apakah yang
menyebabkan load time dari web viva.co.id ini cukup terasa? Hal ini dapat
ditebak, yaitu jumlah konten yang banyak pada homepage viva.co.id seperti
menyediakan berbagai informasi dari berbagai sisi, seperti bagian vivalife,
vivabola, dll. Sehingga size website viva.co.id ini jika pertama kali dibuka bisa
mencapai 1,7mb. Namun ada satu hal yang perlu diingat, bahwa website sekarang
menyediakan system cache, sehingga jika website viva.co.id ini dibuka untuk
kedua kali dan seterusnya, hanya membutuhkan waktu sekitar ¼-½ dari waktu
sebelumnya.
Memang web viva.co.id ini
memiliki load time yang sedang. Namun hal ini sebanding, karena vivanews
mementingkan kemudahan user dalam mencari informasi.
Jadi menurut saya, dari
tingkat efisiensi dan efektivitas viva.co.id mendapatkan skor standar.
2. Kemudahan bagi user untuk mencari informasi
Bagaimanapun itu suatu
website pasti dibuat untuk manusia (Ya iyalah). Karena itu kali ini kita akan
membahas mengenai sisi kemudahan user dalam mencari informasi.
Begitu pertama kali user
membuka website viva.co.id, user langsung disambut oleh adanya suatu “Slider”
informasi headline. Hal inilah yang menjadi nilai lebih dari vivanews. Adanya
“slider” ini membuat user dapat dengan langsung melihat hal-hal baru.
Sayang sekali slider ini
memiliki kelemahan, kelemahan itu berada di bagian next/previous
yang bisa dibilang cukup
susah untuk ditekan (Karena terlalu kecil dan pojok, sehingga tertutup bagian
beritanya). Saya sendiri ketika mencoba menekan tombol itu, justru menekan
bagian berita.
Kelemahan yang kedua adalah tidak adanya fitur
untuk memilih item di slider (klik di salah satu kotak), yang umumnya
slider saat ini bisa melakukannya.
"Tidak Diperhatikan" |
Satu hal lagi yang patut
disayangkan adalah peletakan deskripsi dari berita pada slider yang diletakkan
di bawah kiri dari slider itu sendiri. Yang membuat seorang user yang baru pertama
kali mengunjungi wajah baru ini menjadi “tidak memperhatikan” deskripsi itu.
Selain dari fitur slider
itu, viva.co.id menyediakan menu-menu di perbagian yang jelas.
Dan fitur lain adalah ada
bagian yang memberikan cuplikan berita berdasarkan kategori-kategorinya baik di
bagian
Viva.co.id sendiri juga
membuat sub-homepage untuk bagian-bagian yang dikategorikan oleh vivanews
secara komprehensif, seperti vivabola, vivalife, vivalog,dll. Yang membuat user
dapat langsung menuju sub-homepage berita yang disukainya (life.viva.co.id).
Jadi dapat kita simpulkan
bahwa dari segi kemudahan user mencari informasi, viva.co.id ini mendapatkan
nilai yang baik.
3. Dapat memenuhi kebutuhan pribadi user
Apakah maksudnya memenuhi
kebutuhan pribadi user? Maksudnya adalah apakah suatu website/software ini
dapat di preferensi sehingga sesuai dengan keinginan/kebutuhan pribadi user.
Dari sisi yang ke-3 ini,
viva.co.id sudah memenuhinya. Dari segi manakah?
Yang pertama seperti pada
pembahasan sebelumnya, yaitu adanya sub-homepage pada viva.co.id ini yang
membuat user yang hanya ingin mencari berita bola dapat langsung mengakses
bola.viva.co.id tanpa harus melalui homepage utamanya terlebih dahulu.
Apakah fungsi dari tombol
yang tersedia di atas box vivalife,vivabola,dll ini? Fungsinya adalah mengubah
berita pada slider yang diatas agar berisi berita mengenai pilihan default itu.
Inilah contohnya:
Dapat kita lihat bahwa
slider itu berubah dari vivanews menjadi vivabola, begitu juga dengan cuplikan
berita yang ada di bawah slider itu. Hal ini membuat user yang menyukai berita
pada bagian-bagian tertentu dapat mengubah slider itu agar berisi berita yang
diingininya.
Artinya viva.co.id ini
memberikan kesempatan agar user dapat memenuhi kebutuhan pribadi user.
Sebenarnya menurut saya
sendiri ada satu hal yang patut disayangkan, pada vivanews.com (Homepage
Vivanews dulu) user dapat menggeser bagian-bagian kategori berita dengan sesuka
hati, sehingga dulu saya selalu menggeser sainstek di bagian atas dan menukarnya
dengan bagian life menjadi di bagian bawah. Sayang sekali pada tampilan baru
viva.co.id ini fitur tersebut telah hilang.
Fitur yang baru ini
memang menyenangkan, namun bagian sainstek termasuk dalam vivanews, bukan
merupakan sub-berita sendiri, sehingga saya tidak dapat membuat slider itu
berisi sainstek saja.
Dari pembahasan di atas,
dapat kita simpulkan bahwa viva.co.id mendapat nilai baik juga pada bagian
kemungkinan memenuhi kebutuhan pribadi user.
Yah, sekian saja review
simpel ini mengenai viva.co.id dari mata seorang mahasiswa informatika. Terima
kasih karena sudah membaca, mohon maaf jika saya melakukan kesalahan dalam
berkata-kata. Gb
*Review ini saya buat pada tanggal 27 Juni, seperti yang dapat terlihat dari screenshot saya, sehingga tidak mencakup perubahan yang baru terjadi di bulan agustus ini.
2 komentar:
Review yang menarik. Btw mau tanya, itu pasang banner viva gmn caranya ya? terimakasih ^.^
Terima kasih. :)
itu ada di pagenya lomba. yg pakai iframe itu.
Klo ukurannya diedit2 sendiri aja
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.