7 Agustus 2012

[VIVA.co.id] Review dari mata mahasiswa Informatika.

Halo kawan-kawan. Kali ini saya ingin membuat suatu review mengenai website yang mungkin sudah kita kenal namanya, yaitu vivanews. Belum lama ini, vivanews melakukan perubahan webpage dari vivanews.com menjadi viva.co.id.

Pada kesempatan kali ini saya sebagai seorang mahasiswa informatika ingin melakukan review secara objektif dan menyeluruh mengenai website viva.co.id ini dari segi Interaksi Manusia Komputer (Mumpung saya baru selesai mengambil mata kuliah itu, jadi masih fresh, he3).

Adapun saya akan mereview dari segi-segi yang umum dalam IMK, yaitu:
1. Tingkat efisiensi dan efektivitas
2. Kemudahan bagi user untuk mencari informasi
3. Dapat memenuhi kebutuhan pribadi user
Baiklah, langsung saja kita mulai reviewnya.

1. Tingkat efisiensi dan efektivitas
Pada bagian ini saya akan melakukan test mengenai tingkat efisien dan efektif dari website viva.co.id, di mana perihal ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam suatu website. Sebenarnya apa saja yang akan kita lihat? Yang terpenting adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka website viva.co.id ini.
Pengetesan ini saya lakukan dengan menggunakan website loadimpact.com, sebuah website yang memang sudah terkenal digunakan dalam pengetasan load time suatu website. 


Dapat dilihat dari gambar di atas, bahwa berdasarkan test, web viva.co.id paling cepat dibuka dalam 3,57 detik dan paling lama dalam 7,18 detik. Test di atas menggunakan client dengan kecepatan broadband (>1mB/s). 

*Saya juga melakukan tes menggunakan webservice lain, yang menghasilkan load time 10-20 detik (Disebabkan perbedaan kecepatan). Namun saya memilih memakai hasil dari loadimpact.com.

Sebenarnya apakah yang menyebabkan load time dari web viva.co.id ini cukup terasa? Hal ini dapat ditebak, yaitu jumlah konten yang banyak pada homepage viva.co.id seperti menyediakan berbagai informasi dari berbagai sisi, seperti bagian vivalife, vivabola, dll. Sehingga size website viva.co.id ini jika pertama kali dibuka bisa mencapai 1,7mb. Namun ada satu hal yang perlu diingat, bahwa website sekarang menyediakan system cache, sehingga jika website viva.co.id ini dibuka untuk kedua kali dan seterusnya, hanya membutuhkan waktu sekitar ¼-½ dari waktu sebelumnya.

Memang web viva.co.id ini memiliki load time yang sedang. Namun hal ini sebanding, karena vivanews mementingkan kemudahan user dalam mencari informasi.
Ingin melihat sendiri hasil testnya? silahkan buka web ini.
Jadi menurut saya, dari tingkat efisiensi dan efektivitas viva.co.id mendapatkan skor standar.

2. Kemudahan bagi user untuk mencari informasi
Bagaimanapun itu suatu website pasti dibuat untuk manusia (Ya iyalah). Karena itu kali ini kita akan membahas mengenai sisi kemudahan user dalam mencari informasi.


Begitu pertama kali user membuka website viva.co.id, user langsung disambut oleh adanya suatu “Slider” informasi headline. Hal inilah yang menjadi nilai lebih dari vivanews. Adanya “slider” ini membuat user dapat dengan langsung melihat hal-hal baru.
Sayang sekali slider ini memiliki kelemahan, kelemahan itu berada di bagian next/previous 


yang bisa dibilang cukup susah untuk ditekan (Karena terlalu kecil dan pojok, sehingga tertutup bagian beritanya). Saya sendiri ketika mencoba menekan tombol itu, justru menekan bagian berita.


Kelemahan yang kedua adalah tidak adanya fitur untuk memilih item di slider (klik di salah satu kotak), yang umumnya slider saat ini bisa melakukannya.
"Tidak Diperhatikan"
Satu hal lagi yang patut disayangkan adalah peletakan deskripsi dari berita pada slider yang diletakkan di bawah kiri dari slider itu sendiri. Yang membuat seorang user yang baru pertama kali mengunjungi wajah baru ini menjadi “tidak memperhatikan” deskripsi itu.









Selain dari fitur slider itu, viva.co.id menyediakan menu-menu di perbagian yang jelas.

Dan fitur lain adalah ada bagian yang memberikan cuplikan berita berdasarkan kategori-kategorinya baik di bagian 


Viva.co.id sendiri juga membuat sub-homepage untuk bagian-bagian yang dikategorikan oleh vivanews secara komprehensif, seperti vivabola, vivalife, vivalog,dll. Yang membuat user dapat langsung menuju sub-homepage berita yang disukainya (life.viva.co.id).


Jadi dapat kita simpulkan bahwa dari segi kemudahan user mencari informasi, viva.co.id ini mendapatkan nilai yang baik.

3. Dapat memenuhi kebutuhan pribadi user
Apakah maksudnya memenuhi kebutuhan pribadi user? Maksudnya adalah apakah suatu website/software ini dapat di preferensi sehingga sesuai dengan keinginan/kebutuhan pribadi user.
Dari sisi yang ke-3 ini, viva.co.id sudah memenuhinya. Dari segi manakah? 

Yang pertama seperti pada pembahasan sebelumnya, yaitu adanya sub-homepage pada viva.co.id ini yang membuat user yang hanya ingin mencari berita bola dapat langsung mengakses bola.viva.co.id tanpa harus melalui homepage utamanya terlebih dahulu.

Yang kedua adalah adanya fitur Set Default pada bagian homepage viva.co.id.
Apakah fungsi dari tombol yang tersedia di atas box vivalife,vivabola,dll ini? Fungsinya adalah mengubah berita pada slider yang diatas agar berisi berita mengenai pilihan default itu.
Inilah contohnya:


Dapat kita lihat bahwa slider itu berubah dari vivanews menjadi vivabola, begitu juga dengan cuplikan berita yang ada di bawah slider itu. Hal ini membuat user yang menyukai berita pada bagian-bagian tertentu dapat mengubah slider itu agar berisi berita yang diingininya.
Artinya viva.co.id ini memberikan kesempatan agar user dapat memenuhi kebutuhan pribadi user.

Sebenarnya menurut saya sendiri ada satu hal yang patut disayangkan, pada vivanews.com (Homepage Vivanews dulu) user dapat menggeser bagian-bagian kategori berita dengan sesuka hati, sehingga dulu saya selalu menggeser sainstek di bagian atas dan menukarnya dengan bagian life menjadi di bagian bawah. Sayang sekali pada tampilan baru viva.co.id ini fitur tersebut telah hilang. 

Fitur yang baru ini memang menyenangkan, namun bagian sainstek termasuk dalam vivanews, bukan merupakan sub-berita sendiri, sehingga saya tidak dapat membuat slider itu berisi sainstek saja.
Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa viva.co.id mendapat nilai baik juga pada bagian kemungkinan memenuhi kebutuhan pribadi user.

Yah, sekian saja review simpel ini mengenai viva.co.id dari mata seorang mahasiswa informatika. Terima kasih karena sudah membaca, mohon maaf jika saya melakukan kesalahan dalam berkata-kata. Gb

*Review ini saya buat pada tanggal 27 Juni, seperti yang dapat terlihat dari screenshot saya, sehingga tidak mencakup perubahan yang baru terjadi di bulan agustus ini. 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Review yang menarik. Btw mau tanya, itu pasang banner viva gmn caranya ya? terimakasih ^.^

Vincent utomo mengatakan...

Terima kasih. :)
itu ada di pagenya lomba. yg pakai iframe itu.

Klo ukurannya diedit2 sendiri aja

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification